Beerita.id – Kacang dikenal sebagai cemilan maupun pelengkap dari sajian masakan. Sayangnya ada stigma negatif di masyarakat bahwa kacang penyebab sakit asam urat. Padahal, dengan jenisnya yang beragam, kacang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut kami sajikan jenis kacang beserta kandungan dan manfaatnya.

Almond

Foto pixabay

Say goodbye untuk kolesterol jahat jika Anda sering mengonsumsi yang namanya kacang almond. Sebab, jenis kacang yang satu ini mengandung lemak tak jenuh, yang berguna untuk menurunkan LDL dan menaikkan HDL.

Selain itu, almond juga dikenal memiliki magnesium tinggi, sehingga baik untuk jantung karena mampu melancarkan peredaran darah. Tak hanya itu saja lho, kandungan vitamin E dan antioksidan yang tinggi dipercaya juga dapat mencegah terjadinya peradangan pembuluh darah dan kerusakan arteri.

Kacang Walnut

Foto pixabay

Walnut atau sejenis kacang kenari ini adalah salah satu cemilan sehat. Ada dua jenis walnut yang biasa dikonsumsi, yakni walnut Persia atau Inggris dan walnut hitam yang berasal dari bagian timur Amerika Utara.

Walnut dipercaya mampu menjadi suplemen untuk menghindari kanker. Itu tidak lepas dari kandungan antioksidan, asam lemak omega 3, fitosterol, vitamin E, zat tanin tellimagrandin, dan melatonin.

Kacang Mente

Foto pixabay

Jambu mede atau jambu monyetlah yang menghasilkan biji kacang mente. Rasanya yang uenak untuk cemilan seringkali membuat kita lupa diri. Namun di balik rasanya yang enak, jika kita mengkonsumsi kacang mente dalam batasan normal, bisa berkhasiat mereduksi tingkat stres.

Hal tersebut karena kacang mente mengandung asam amino L-triptofan yang dapat merangsang serotonin di otak. Tak hanya itu saja, studi yang dilakukan oleh Nurses Health Study pada 80.000 perempuan menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi satu ons kacang mente bisa meminimalkan resiko terkena batu empedu sebesar 25%.

Kacang Tanah

Foto pixabay

Ada cara mudah dan murah untuk mencegah keriput. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi kacang tanah yang kaya akan vitamin E. Kandungan riboflavin dan vitamin B juga dapat membuat kulit tampak lebih bersinar.

Kacang yang sering kita jumpai sebagai bumbu dasar masakan Indonesia itu juga mengandung energi yang tinggi. Sehingga bisa jadi sumber energi instan saat kita Lelah dan lemah.

Kacang Kedelai

Foto pixabay

Tingginya kalsium dan kandungan Fitoestrogen di kacang kedelai dapat membuat tulang kita menjadi kuat dan mencegah pengeroposan dini atau osteoporosis. Kacang jenis ini juga memiliki kandungan protein yang mencegah pengeluaran kalsium lewat urine. Kandungan lesitin yang terdapat di kacang kedelai juga mampu meningkatkan kinerja otak dan mencegah penyakit Alzeimer.