Beerita.id – Menjuarai di tiga kategori sekaligus, tim robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menyandang jawara umum di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019.

Mereka pun akan bertanding di Robocup Competition di Australia bulan depan.

Tiga tim robotika tersebut adalah tim Iris yang berhasil meraih juara I di kategori Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) beroda, tim Vi-Rose menjuarai kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan tim Robot Risma meraih juara III di kontes Robot ABU Indonesia (KRAI).

Foto : pixabay.com

Ketua tim Iris Muhammad Revo Khairullah mengatakan sangat senang atas kemenangan timnya. Sebab, dua tahun terakhir, tim Iris belum berhasil menjadi juara. “Ini penantian kami sejak 2017,” katanya.

Atas kemenangan tersebut, tim Iris akan melaju ke ajang internasional Robocup 2019 di Australia pada awal Juli. Tim tersebut bakal bertanding bersama tim Ichiro di kategori Robosoccer Humanoid.

Tim Iris berhasil menyabet predikat desain sekaligus strategi terbaik di KRI 2019 di kategori KRSBI Beroda. “Kami mengevaluasi dari pengalaman bertanding di KRI. Dan akan menjadi bekal saat tanding di Australia,” ujar mahasiswa departemen teknik elektronika itu.

Bukan hanya tim Irisi, tim Vi-Rose pun menunjukkan kebolehannya hingga menjadi juara I di ajang KRSTI. Tim tersebut juga dinobatkan sebagai desain terbaik untuk robot seni tari di KRI 2019. “Tahun ini tim Vi-Rose bangkit setelah terakhir menang pada 2012,” kata Nafis Taqiyudin, ketua tim Vi-Rose.

Foto : pixabay.com

Sementara itu, di divisi KRAI, robot Risma dari tim ITS berhasil meraih juara ketiga. Dan tim Abinara-1 di kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) hanya masuk 10 besar. Begitu juga tim Ichiro yang belum beruntung memenangi kompetisi di KRI 2019.

Atas deretan juara yang diraih, tim ITS berhasil meraih juara umum KRI 2019. Direktur Kemahasiswaan ITS Darmaji mengatakan, juara umum di KRI menjadi kebanggaan ITS. Saat ini tim ITS mempersiapkan untuk di kejuaraan internasional. “Saya hanya berpesan agar tim ITS bisa mempersiapkan diri dengan baik di kompetisi internasional lain,” ujarnya. (Bee 7)