beerita.id – Siapa yang tidak kenal tahu? Panganan berbahan dasar kedelai itu begitu akrab dengan masyarakat Indonesia.

Di balik rasanya yang enak dan harga yang terjangkau, tahu juga memiliki beragam manfaat lain. Di antaranya :

1. Menurunkan kolesterol

Manfaat makan tahu dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsinya sebagai alternatif protein hewani dapat membantu menurunkan kolesteol jahat (low density lipoprotein/LDL) dalam tubuh.

Dibandingkan dengan daging seperti daging sapi, tahu memiliki kadar asam lemak jenuh yang lebih rendah dan kadar asam lemak tak jenuh yang lebih tinggi. Makanan ini juga merupakan sumber yang baik dari lesitin dan asam linoleat, yang membantu mengatur metabolisme, bersama dengan penguraian dan membuang endapan kolesterol dalam tubuh.

2. Diabetes tipe 2

Penderita diabetes tipe 2 sering mengalami penyakit ginjal, menyebabkan tubuh mengeluarkan protein yang berlebihan dalam urine.

Bukti dari satu penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang hanya mengonsumsi protein kedelai dapat mengeluarkan lebih sedikit protein daripada mereka yang hanya mengonsumsi protein hewani.

Para peneliti mencanangkan bahwa manfaat tahu baik bagi penderita diabetes tipe 2.

Foto : pixabay.com

3. Menurunkan risiko terkena kanker prostat & payudara

Tahukah Anda jika rutin mengonsumsi tahu dapat menurunkan resiko kanker?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa di dalam tahu mengandung isoflavon yang bisa mencegah kanker prostat dan kanker payudara.

Tak hanya itu, kandungan selenium yang memiliki antioksidan sangat tinggi dan ini mampu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Fungsi ginjal

Berkat protein, khususnya protein kedelai, manfaat tahu dapat meningkatkan fungsi ginjal dan bermanfaat bagi orang yang menjalani dialisis atau transplantasi ginjal.

Satu analisis meta dari sembilan percobaan menunjukkan dampak positif dari kedelai pada beberapa biomarker dari mereka yang menderita penyakit ginjal kronis. Ini mungkin karena kandungan proteinnya, tetapi juga karena dampaknya pada kadar lipid dalam darah.

5. Mencegah anemia

Tahu sebagai sumber zat besi yang sangat baik dan dapat membantu mencegah anemia.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah sehat yang menyebabkan anemia. Sebuah penelitian yang dilakukan diTiongkok juga menunjukkan bahwa manfaat makan tahu dapat membantu menurunkan risiko anemia pada orang dewasa.

Foto : pixabay.com

6. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Manfaat tahu putih dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi produk olahan kedelai secara teratur dapat menurunkan kadar lemak jenuh bersama dengan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sebuah laporan dari Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa tahu memiliki kandungan natrium yang rendah, yang membuatnya baik untuk penderita tekanan darah tinggi (hipertensi).

7. Mencegah osteoporosis

Tahu adalah sumber kalsium yang kaya, merupakan bahan utama dalam pembentukan tulang. Inilah mengapa asupan tahu sangat dianjurkan bagi masa pertumbuhan Anak bahkan bagi orang dewasa.

Kekurangan kalsium dalam tubuh dapat menyebabkan osteoporosis, terutama di usia tua. Namun bila Anda rutin makan tahu, dapat memperlambat pengeroposan tulang dengan menjaga tulang tetap kuat.

8. Mencegah menopause dini

Kandungan isoflavon pada tahu ternyata bisa membantu wanita untuk mencegah menopause dini. Biasanya, menopause dini terjadi karena adanya ketidakseimbangan kadar hormon estrogen di dalam tubuh. Namun, adanya isoflavon ini bisa menjaga keseimbangan hormon tersebut. Di dalam tahu, Anda juga bisa menemukan kandungan kalsium yang bisa membuat wanita terjaga kesehatan tulangnya hingga usia lanjut.

9. Kerusakan hati

Satu studi pada tikus menunjukkan bahwa semua jenis tahu yang telah dikentalkan dengan berbagai koagulan dapat membantu mencegah kerusakan hati yang disebabkan oleh radikal bebas.

10. Penyakit jantung

Manfaat makan tahu telah diketahui dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Ini dapat mengurangi kadar lipoprotein densitas rendah atau kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh Anda yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Foto : pixabay.com

11. Kesehatan otak

Manfaat tahu untuk kesehatan juga dikenal dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif untuk wanita di atas usia 65 tahun. Kandungan lesitin yang ada di dalam tahu dapat membantu tubuh memproduksi asam fosfolipid fosfatidat (PA) dan fosfatidilserin(PS), yang dapat membantu neuron berfungsi normal.

Foto : pixabay.com

12. Menjaga berat badan

Jika sedang dalam program diet, ternyata tahu bisa Anda jadikan bahan makanan yang dikonsumsi secara rutin. Tak disangka, tahu yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan sehat ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, manfaat tahu untuk diet ini juga kaya akan nutrisi yang bisa menjadi sumber energi, sehingga kita pun tidak perlu khawatir akan merasa lesu jika mengurangi porsi makanan.

13. Mencegah penuaan

Manfaat makan tahu secara teratur juga bisa memperlambat proses penuaan, lho! Manfaat tahu dapat membantu mempertahankan elastisitas kulit dan mengencangkan otot-otot wajah yang pada gilirannya mencegah penuaan.

Cabalah Anda membuat pasta tahu dan mengoleskannya di wajah. Ini Adalah ide yang bagus karena memberi nutrisi pada kulit.

14. Mencegah rambut rontok

Selain manfaat tahu untuk kesehatan kulit, tahu juga mencegah masalah kerontokan karena mengandung keratin, protein penting untuk pertumbuhan rambut. Jadi, Anda bisa menggunakan perawatan rambut dengan bahan yang murah dan alami ini. Anda juga bisa mengonsumsinya dengan menambahkan tahu pada menu harian. (Bee 7)