Beerita.id – Pemerintah Iran diwakili Presiden Hassan Rouhani secara resmi mengumumkan penemuan ladang minyak baru di negaranya. Tak tanggung-tanggung, diperkirakan cadangan minyak mentah di area tersebut mencapai 53 miliar barel.

Penemuan tersebut bakal mengerek cadangan terbukti minyak Iran hingga sepertiga. Dilansir dari AFP, Minggu (10/11), lapangan seluas 2.400 kilometer persegi itu terletak di sebelah barat daya Iran, Provinsi Khuzestan. “Ini merupakan hadiah kecil dari pemerintah kepada rakyat Iran,” kata Rouhani dalam pidato yang disiarkan di stasiun TV setempat.

Rouhani menyebut lapangan tersebut memiliki kedalaman hingga 80 meter dan meluas hingga 200 km dari perbatasan Khuzestan dengan Irak hingga Kota Omidiyeh.

Penemuan tersebut akan meningkat cadangan terbukti minyak Iran sekitar 34 persen. Perusahaan minyak BP memperkirakan saat ini Iran memiliki cadangan terbukti minyak mentah sebanyak 155,6 miliar barel, terbesar keempat di dunia.

Selain memiliki cadangan minyak yang besar, cadangan gas Iran juga merupakan yang kedua terbesar di dunia.

Namun demikian, negara anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) ini menghadapi kesulitan mengekspor minyaknya sejak mendapat sanksi dari Amerika Serikat (AS). (Bee 4)