Beerita.id – Untuk makin memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Bakti BCA yang diinisiasi oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali memberikan dana beasiswa. Kali ini, program CSR Bakti BCA menyerahkan beasiswa pada mahasiswa berprestasi Universitas Airlangga. Di tahun 2019, total dana beasiswa yang diserahkan kepada 18 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia bernilai total Rp5.35 Miliar.

Penyerahan dana beasiswa senilai Rp250 juta dilakukan secara simbolis oleh Frengky Chandra Kusuma, Kepala Kantor Wilayah III, kepada perwakilan mahasiswa/i Universitas Airlangga disaksikan oleh Direktur Kemahasiswaan Universitas Airlangga Hadi Shubhan di Surabaya pada Jumat (15/11). Adapun total penerima beasiswa sejumlah 50  mahasiswa berprestasi dari Universitas Airlangga. 

Frengky Chandra Kusuma, Kepala Kantor Wilayah III BCA saat berbincang dengan mahasiswa peraih beasiswa

“Bangsa yang maju tentunya memiliki sumber daya manusia yang baik. Penting untuk disadari bahwa kancah global saat ini juga menuntut anak muda untuk mampu bersaing di berbagai bidang. Melalui beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi Universitas Airlangga ini diharapkan dapat turut mendukung cita-cita Bangsa untuk melahirkan anak muda berkualitas dan mampu berdaya saing tinggi,” urai Frengky.

Sejak tahun 1999, beasiswa Bakti BCA telah dikembangkan dan ditujukan bagi mahasiswa Strata Satu (S1) yang berprestasi namun memiliki kendala finansial. Diharapkan beasiswa yang diterima para mahasiswa Universitas Airlangga dapat meningkatkan motivasi belajar dan membantu mereka menyelesaikan pendidikan, begitupun bagi mahasiswa dari PTN lainnya.

Beasiswa Bakti BCA sudah memasuki tahun ke-20 dan terus mengevaluasi dana yang diberikan serta jumlah penerimanya. Terhitung sejak tahun 2019, BCA menambahkan jumlah perguruan tinggi negeri penerima beasiswa dari 16 menjadi 18 perguruan tinggi negeri. Sementara jumlah dana yang dialokasikan juga meningkat setiap tahunnya. Berikut merupakan rincian pengalokasian dana Beasiswa Bakti BCA:

Tahun; Jumlah Dana Alokasi; Jumlah Penerima Beasiswa

2014/2015; Rp3,8 Miliar; 481 Mahasiswa;

2015/2016; Rp4,1 Miliar; 554 Mahasiswa

2016/2017; Rp4,25 Miliar; 587 Mahasiswa

2017/2018; Rp4,45 Miliar; 636 Mahasiswa

2018/2019; Rp4,95 Miliar; 629 Mahasiswa

2019/2020; Rp5,35 Miliar; 703 Mahasiswa

“Pentingnya pendidikan untuk kemajuan kualitas SDM di Indonesia harus disadari semua pihak. BCA yang memang fokus pada pengembangan SDM ingin memastikan bahwa generasi muda dapat memperoleh pendidikan yang baik. Oleh sebab itu, kami mendukung mahasiswa berprestasi di Universitas Airlangga ini untuk terus berkarya dan nantinya dapat memberikan manfaat bagi Nusa dan Bangsa,” tutup Frengky.

Nadiyah Rahmasari mengatakan, terima kasih kepada BCA yang secara konsisten memberikan dana beasiswa untuk mahasiswa berprestasi di Universitas Airlangga. ”Tentunya, bantuan finansial yang diperoleh ini akan digunakan sebaik mungkin untuk menunjang pendidikan dan meraih cita-cita saya,” katanya. (Bee 3)