Beerita.id – Bertempat di Auditorium Lemdiklat Polri, Kalemdiklat Komjen Pol. Arief Sulistyanto memimpin pelaksanaan kegiatan rapat evaluasi Prodiklat Polri 2019. Bertema Mengefektifkan Proses Diklat Polri Dalam Membangun SDM yang Terampil dan Berintegritas, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan kegiatan proses pendidikan dan pelatihan berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Kegiatan yang diikuti 47 Satdiklat itu dihadiri beberapa narasumber, di antaranya Kapusdokkes Polri Brigjen Pol dr. Musyafak dan Irjen Pol (Purn) Drs. Bekto Suprapto Komisioner Kompolnas.

Arief menyampaikan, ketika bulan Februari 2019 lalu menjabat sebagai Kalemdiklat Polri, dia tidak bisa lagi menerapkan pola-pola yang manual. Dibutuhkan perubahan untuk meninggalkan paradigma lama yang bersifat formalistik menjadi sesuatu yang berorientasi pendidikan dengan tujuan membangun Polri yang unggul, kompetitif, dan stabil integritas. ”Fokusnya adalah untuk memajukan Kepolisian Indonesia dan membuat Indonesia maju,” jelas jenderal bintang tiga itu.

Komjen Pol Arief Sulistyanto

Dalam kesempatan itu Arief menyampaikan dua arahan penting bagi Satdiklat. Yakni :

1. Lemdiklat Polri adalah pusat pembangunan Polisi sehingga kita sendiri yang harus menjaga, baik dari segi tataran teknis dan taktis. Kemampuan teknis harus terus menerus berkembang. Kita memiliki kode etik Tribrata dan Catur Prasetya. Nilai-nilai itu agar selalu diingatkan kepada Serdik, yang menjadi perhatian adalah masalah moralitas dan Integritas jangan terjadi degradasi.
2. Masalah Leadership, tugas Lemdiklat Polri menjadi petugas pelaksana dan juga menyiapkan calon-calon pemimpin yang berkualitas. Sampaikan kepada seluruh anggota bahwa ini merupakan amanah, mengajak mendedikasikan diri untuk menjadi anggota dan Serdik menjadi lebih baik lagi. (Bee 1)