BEERITA.ID – Mutasi dan rotasi kembali terjadi di tubuh Kepolisian Republik Indonesia. Tertuang dalam empat surat telegram Kapolri, yakni nomor ST/3229/XII/KEP./2019, ST/3289/XII/KEP./2019, ST/3230/XII/KEP./2019 dan ST/3232/XII/KEP./2019 tertanggal 6 Desember 2019, total ada 267 pati dan pamen yang berganti jabatan.

”Mutasi jabatan sebagai meritokrasi, regenerasi, tour of area dan dalam rangka mengoptimalkan kinerja organisasi,” ujar Karo Binkar SSDM Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo. 

Beberapa jabatan penting yang berganti tongkat komando adalah Bareskrim. Kadiv Propam Polri yang juga mantan ajudan Presiden Joko Widodo Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo ditunjuk sebagai Kabareskrim anyar. Kabaharkam Komjen Pol Firli Bahuri juga digeser sebagai analis kebijakan utama Baharkam Polri. Tak hanya itu saja, mutasi kali ini mencakup pergantian beberapa jenderal yang menjabat kapolda di beberapa daerah.

Asops Kapolri Irjen Pol Martuani Somin dipercaya Kapolri Idham Azis menjadi Kapolda Sumut. Dia menggantikan Irjen Pol Agus Andrianto yang dipromosikan sebagai Kabaharkam Polri.

Promosi juga diterima Dirtipideksus Bareskrim Polri Irjen Pol Tornagogo Sihombing yang kini menjadi Kapolda Papua Barat. Dia menggantikan Irjen Pol Herry Rudolf Nahak yang digeser sebagai Asops Kapolri.

Jabatan Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga berganti. Aslog Kapolri Irjen Pol Asep Suhendar dipercaya memimpin Polda DIY menggantikan Irjen Pol Ahmad Dhofiri. Sementara, Dhofiri dirotasi ke Aslog Kapolri. Dengan demikian kedua jenderal bintang dua ini bertukar tempat.

Kapolda Sumbar Fakhrizal juga dimutasi. Dia ditarik sebagai Analis Kebijakan Utama bidang Sabhara Baharkam Polri. Posisinya digantikan Irjen Pol Toni Hermanto yang saat ini menjabat Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Kapolda Sulteng Irjen Pol Lukman Wahyu dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama bidang Sabhara Baharkam Polri. Dia digantikan Brigjen Pol Syafril Nursal yang saat ini Kasespima Sespim Lemdiklat Polri. (Bee 4)