BEERITA.ID – Dalam laporan tahunannya, Forbes merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia tahun 2019. Dari daftar itu, terselip dua nama perempuan. Mereka adalah Kartini Muljadi dan Arini Subianto. Keduanya secara berurutan ada di daftar nomor 48 dan 49.

Kekayaan dua srikandi Indonesia tersebut berasal dari berbagai sektor. Seperti kosmetik, obat-obatan, consumer goods, dan batubara. Kekayaan yang dimiliki oleh Kartini Muljadi mencapai 630 juta dollar AS atau sekitar Rp 8,82 triliun (kurs Rp 14.000).

Dikutip dari Forbes, perempuan 89 tahun itu dan anaknya memiliki Tempo Group dengan perusahaan terbesarnya adalah PT Tempo Scan Pasific yang bergerak di bidang consumer goods dan obat-obatan.

Kartini merupakan pengacara dan mantan hakim. Dia memiliki firma hukum komersial dan korporasi Kartini Muljadi & Rekan (KMR). Putranya, Handojo Selamet Muljadi yang merupakan lulusan New York University saat ini turut menjalankan bisnis PT Tempo Scan.

Sedangkan, sosok perempuan kedua, Arini memiliki total kekayaan mencapai 600 juta dollar AS atau sekitar Rp 8,4 triliun (kurs Rp 14.000). Dia memperoleh gelar sebagai orang terkaya ke-49 pada 2019 versi Forbes saat berusia 48 tahun. Arini merupakan putri tertua dari taipan Indonesia, Benny Subianto. (Bee 3)