Beerita Indonesia
Beerita.id

Ternyata Petinju Legendaris Muhammad Ali Pernah ke Kawasan Ampel Surabaya, Ngapain ya?

1

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beerita.id – Salah satu petinju terhebat dunia, Muhammad Ali ternyata pernah berkunjung ke Ampel, Surabaya. Hal itu terlihat dalam sebuah foto usang bersejarah. Dalam foto itu Muhammad Ali muda tengah duduk berpose dengan banyak pria. Salah satunya adalah ulama Indonesia di masa itu, yakni Ustad Husein Alhabsyi.

Foto tersebut dipercaya diambil di sebuah tempat di Ampel Surabaya dalam salah satu kunjungan Ali ke Indonesia. ”Foto itu otentik. Saya mendapatkannya dari sahabat yang merupakan anak dari salah seorang yang ada di foto tersebut,” kata budayawan Indonesia yang berdomisili di Ampel Surabaya, Hamid Nabhan.

Menurut Hamid, sosok pria yang ada di sebelah kiri Muhammad Ali adalah Ustad Husein Alhabsyi, sedangkan yang duduk di kanan adalah Hadi.

Foto lawas yang menunjukkan Muhammad Ali (tengah) bersama beberapa tokoh masyarakat Surabaya. FOTO : dok keluarga Hamid Nabhan

”Pak Hadi ini dulu tokoh PNI dan menikah dengan kakak penyanyi Achmad Albar,” terang Hamid.

Tak hanya ke Surabaya, Muhammad Ali dikatakan juga melakukan kunjungan ke Bangil, Pasuruan yang merupakan tempat asal Ustad Husein. ”Beliau ini teman korespondensi dengan Ustad Husein. Makanya mau menyempatkan diri untuk datang. Karena ustad ini juga memberikan dukungan penuh pada Muhammad Ali dalam mengembangkan Islam dan persamaan kulit hitam di Amerika sana. Seperti diketahui, dulu kan ada gap antara kulit hitam dan kulit putih di Amerika,” terang Hamid yang juga merupakan seniman dan kolektor seni itu. (bee2)

You might also like