Beerita Indonesia
Beerita.id

Bukan Amerika Serikat, Bukan Pula Rusia, Ini Negara Paling Aman di Dunia

1

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beerita.id – Predikat negara paling aman dipegang bukan oleh negara yang secara kekuatan militer sangat hebat. Melainkan justru oleh sebuah negara kecil dengan jumlah penduduk hanya 330 ribu. Negara itu adalah Islandia.

Prestasi tersebut setelah The Institute of Economics and Peace (IEP) mengeluarkan Global Peace Index yang memuat daftar negara paling aman sedunia. Keamanan itu didasarkan pada tingkat rendahnya ancaman dan keamanan personal.

Tak hanya itu saja, menurut Travel Leisure, IEP juga menganalisis 24 faktor pendukung keamanan tersebut. Di antaranya kejahatan kekerasan, teror politik, ekspor dan impor senjata, serta populasi narapidana.

Dipilihnya Islandia tak mengagetkan, pasalnya negara ini sudah berada di puncak selama enam tahun berturut-turut. Nilai indeks yang dicapai pun sangat sempurna, yakni 1192. Tak heran jika kemudian hal itu berpengaruh pada meningkatnya kunjungan jumlah wisatawan.

BACA JUGA : Kabar Baik, Kota ini Berikan Tunjangan Rp 17 Juta Perbulan untuk Warganya

Setelah Islandia, lima posisi teratas negara paling aman diisi oleh Denmark, Austria, Selandia Baru, dan Portugal.

Pencapaian Islandia itu seolah melengkapi deretan prestasi yang sudah digenggam negara yang berada di kawasan Skandinavia tersebut. Yakni tingkat literasi mencapai 99 persen dan jumlah produksi buku per kapita melebihi negara manapun di dunia. (bee2)

You might also like