Beerita Indonesia
Beerita.id

Rahasia Sejuta Manfaat dari Minyak Zaitun

Foto pixabay
2

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beerita.id – Kita tentu sudah tak asing lagi dengan minyak zaitun. Beragam manfaatnya telah tersohor sejak berabad lalu. Bahkan, pada 21 April 1997 silam, sejumlah pakar kedokteran ternama dunia sampai melakukan riset bersama dan menerbitkan keputusan yang isinya hanya fokus tentang zaitun.

Foto pixabay.com

Menurut hasil penelitian yang dilakukan di Roma, Italia itu minyak zaitun merupakan salah satu anti imun untuk melindungi tubuh dari penyakit. Beberapa manfaat lain adalah :

  • Banyak riset yang membuktikan bahwa minyak zaitun menurunkan total kadar kolesterol dan kolesterol berbahaya, tanpa mengurangi kandungan kolesterol yang bermanfaat.
  • Minyak zaitun mengurangi resiko terjadinya penyumbatan (trombosis) dan penebalan (arteriosklerosis) pembuluh darah.
  • Minyak Zaitun Menurunkan Angka Kematian. Majalah Lanst pernah mempublikasikan hasil studi pada 20 Desember 1999, yang menunjukkan bahwa penduduk muslim di Albania, khususnya laki-laki memiliki angka kematian lebih sedikit. Yakni 41 orang dari setiap 100.000 orang. Hal itu dipercaya karena pengaruh konsumsi minyak zaitun dalam makanan mereka.
  • Mengurangi pemakaian obat-obatan penurun tekanan darah tinggi. Hal itu terbukti dari studi yang dilakukan Dr Aldovaroro dari Universitas Napoli pada 27 Maret 2000. Penelitian yang dipublikasikan oleh majalah Archives of Internal Medicine itu menyebut, bahwa 32 pasien yang rutin mengonsumsi minyak zaitun, mampu mengurangi ketergantungan mereka pada obat darah tinggi.
  • Orang yang rajin mengonsumsi minyak zaitun juga terbukti mampu mengurangi serangan kanker pada dirinya. Baik kanker colon, rahim, dan ovarium.
  • Mengonsumsi satu sendok makan minyak zaitun setiap hari juga mampu mengurangi bahaya terjadinya kanker payudara. Itu terlihat dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada November 1995 terhadap 2.564 perempuan.
  • Dengan rutin mengonsumsi minyak zaitun, bisa menurunkan kemungkinan sebesar 26% terjadinya kanker rahim. Itu sesuai dengan hasil studi yang telah dilakukan terhadap 145 wanita Yunani.
  • Menggunakan minyak zaitun sebagai krim kulit setelah berenang akan melindungi terjadinya kanker kulit. Hal tersebut terpapar pada studi yang telah dipublikasikan oleh majalah Dertmatdogg Times edisi Agustus 2000.
  • Gizi yang terkandung dalam minyak zaitun mempunyai pengaruh positif untuk melindungi tubuh dari kanker lambung dan dapat mengurangi timbulnya penyakit tukak lambung. Hal itu ditegaskan oleh Dr. Samut dari Universitas Harvard Amerika, saat menyampaikan hasil studi di kongres terakhir Organisasi Penyakit Sistem Pencernaan Amerika yang diadakan Oktober 2000.
Foto pixabay.com

Jenis Minyak Zaitun

Minyak yang berasal dari buah zaitun itu terbagi dalam lima kelompok berdasarkan proses ekstraksi dan kadar keasamannya.

Extra Virgin.

Foto pixabay.com

Ini adalah minyak zaitun yang melewati satu kali proses perasan saja. Tingkat keasaman yang dipunyai oleh extra virgin hanya satu persen. Itu menjadikan golongan ini sebagai minyak zaitun terbaik.

Virgin

Kelompok kedua ini memiliki proses yang sama, yakni satu kali peras. Tetapi yang membedakan adalah tingkat keasaman yang mencapai 3 persen. Jenis minyak zaitun ini terbagi lagi menjadi dua yakni zaitun fino dan zaitun pure.

Foto pixabay.com

Zaitun Ligth Minyak ini didapat dari hasil penyaringan. Biasanya, zaitun light digunakan untuk memasak, menumis, dan memanggang.

You might also like