Pilot Lupa Turunkan Roda, Pesawat Jetstar Nyaris Celaka

Beerita.id – Kecelakaan dalam dunia penerbangan hampir saja terjadi. Penyebabnya, sang pilot yang mengemudikan pesawat Jeststar di Australia lupa menurunkan roda saat hendak mendarat. Untungnya, pesawat bisa mendarat sempurna di percobaan ketiga.

Seperti dikutip dari detikTravel, insiden pesawat dengan kode VH-VQ tersebut terjadi pada bulan Mei 2019, namun laporannya baru dirilis beberapa pekan lalu. Dalam laporan tersebut disebutkan sang pilot mengalami serangkaian ‘distraksi’ saat akan mendaratkan pesawat.

Awalnya, pesawat tersebut sudah hendak mendarat di Bandara Ballina. Namun sang pilot lupa untuk menurunkan roda pesawat, padahal jarak antara pesawat dan landasan tinggal sekitar 4 km saja. Alarm tanda bahaya sampai berbunyi berkali-kali.

Akhirnya pesawat pun berputar ulang. Di percobaan kedua, muncul masalah lagi. Roda pesawat tidak keluar secara sempurna. Penyebabnya, sang pilot tidak mengikuti prosedur yang benar dan roda pesawat berada di posisi yang salah. Di percobaan ketiga, baru pesawat bisa mendarat dengan selamat.

Dalam laporan yang dirilis Badan Keamanan Udara Australia, disebutkan adanya kesalahan pilot dan kopilot dalam menurunkan roda pesawat saat hendak mendarat. Mereka melakukan kesalahan konfigurasi setting pada bagian Flap, tapi akhirnya bisa dikoreksi sehingga pesawat bisa mendarat dengan selamat.

Tidak ada korban cedera dalam insiden tersebut. Sementara itu, pihak Jetstar dilaporkan telah memberikan pelatihan tambahan bagi pilot dan semua kru yang berada di pesawat tersebut. (Bee4)

Leave A Reply

Your email address will not be published.