Asteroid 16 Psyche Benda Langit yang Bernilai 700 Dolar Quintillion

1,358

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

beerita.id – Asteroid 16 Psyche belakangan ini menjadi perbincangan hangat di kalangan peneliti dan juga pebisnis tambang. Karena ternyata asteroid raksasa yang kaya akan unsur logam ini diyakini menyimpan emas dan platinum yang bernilai tinggi. Asteroid ini bukan merupakan batu luar angkasa yang seperti biasanya.Asteroid 16 Psyche, salah satu objek paling masif di sabuk asteroid utama yang mengorbit antara Mars dan Jupiter.

Foto : pixabay

Bahkan jika diibaratkan asteroid ini menghantam bumi, maka kandungan emasnya akn bermuncratan senilai $700.000.000.000.000.000.000 (700 Dolar quintillion). Jika jumlah tersebut dibagi ke penduduk bumi yang berjumlah 7,6 miliar orang, maka satu irangnya akan mendapatkan 93 miliar dolar atau setara dengan 1,3 triliun rupiah.

- Advertisement -

“Kami telah melihat meteorit yang sebagian besar terbuat dari logam, tetapi Psyche bisa jadi unik karena mungkin asteroid itu benar-benar terbuat dari besi dan nikel,” menurut Tracy Becker dari Southwest Research Institute yang menjadi pemimpin studi tersebut.

Foto : pixabay

Dengan menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble, Becker mampu menganalisis asteroid dengan lebih detail daripada sebelumnya. Penemuan ini dipublikasikan dalam sebuah studi di Planetary Science Journal. Studi ini dilakukan saat NASA bersiap meluncurkan pesawat ruang angkasa (yang juga disebut Psyche), yang akan melakukan perjalanan ke asteroid sebagai bagian dari upaya untuk memahami asal usul inti planet.

Menurut NASA, yang membuat asteroid Psyche unik adalah bahwa ia tampak seperti inti planet awal yang terbuat dari besi-nikel. Becker berkata bahwa “apa yang membuat Psyche dan asteroid lainnya begitu menarik adalah karena mereka dianggap sebagai penyusun tata surya. Untuk memahami apa yang sebenarnya membentuk sebuah planet dan berpotensi melihat bagian dalam planet itu merupakan hal yang menarik.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.