Atasi Sakit Tenggorokan Saat Berpuasa dengan Beberapa Makanan Enak Ini

457

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beerita.id -Saat berpuasa sering kali merasakan sakit tenggorokan. Umumnya karena kekurangan cairan. Atasi dengan konsumsi beberapa makanan ini saat sahur.

Menahan haus dan lapar saat menjalani puasa membuat tubuh kita kekurangan cairan atau dehidrasi. Dehidrasi tidak hanya membuat tubuh menjadi lemas, tetapi juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

Karenanya kamu perlu mengasup makanan bernutrisi yang dapat mengembalikan cairan tubuh. Selain itu, pilih juga makanan yang teksturnya lembut, sehingga tidak memperparah infeksi pada tenggorokan.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 pilihan menu sahur untuk mengatasi sakit tenggorokan.

1.Sup Ayam

Menurut Ahli Gizi Dr. Li, sakit tenggorokan disebabkan karena terjadinya peradangan dan dehidrasi. Karenanya ia menyarankan untuk mengonsumsi sup ayam. Sup ayam juga bisa menjadi pilihan menu yang baik saat sahur.

“Cairan seperti kaldu dalam sup ayam dapat mengisi kembali cairan yang hilang dalam tubuh,” ujar Dr. Li.

Sup ayam memiliki nutrisi yang bersifat anti-inflamasi. Nutrisi tersebut berperan untuk membantu mengurangi luka dalam tenggorokan dan mengurangi berkembangnya virus.

Selain itu adanya kandungan garam pada sup ayam dapat membantu tubuh untuk menahan cairan di dalam jaringan. Dalam hal ini, bukan berarti kamu harus memasukkan garam dalam jumlah yang banyak.

- Advertisement -

2. Madu

Madu telah disebut-sebut sebagai obat andalan dalam pengobatan sejak zaman kuno. Madu dapat menyembuhkan penyakit yang disebabkan karena infeksi dari bakteri atau virus.

Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan dengan madu adalah sakit tenggorokkan yang kerap dirasakan saat menjalankan puasa. Khasiat madu tersebut juga telah dibuktikan dalam sebuah penelitian.

“Madu dapat meningkat sistem kekebalan tubuh, juga menyembuhkan berbagai penyakit seperti sakit tenggorokan, flu hingga demam,” ujar Dr Li.

Selain itu, madu juga mampu menurunkan produksi lendir yang di tenggorokan dan memiliki sifat antibakteri yang dapat membasmi kuman penyebab sakit tenggorokan.

3. Kentang Tumbuk

Kentang tumbuk bisa menjadi pilihan menu sahur yang praktis. Selain penyajiannya yang praktis, kentang tumbuk juga dapat mengatasi seseorang yang mengalami sakit tenggorokan akibat dehidrasi.

Kentang tumbuk mengandung nutrisi seperti magnesium, vitamin C dan antioksidan dalam jumlah yang banyak. Nutrisi kentang tersebut berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Untuk mengonsumsi kentang tumbuk, pastikan tidak terlalu panas. Mengonsumsi kentang tumbuk yang panas dapat membuat tenggorokan kamu iritasi lebih parah, ungkap Ahli Gizi Dr. Favini.

Hal ini juga diungkap oleh Ahli Gizi asal Amerika, Dr. Mia. Ia mengatakan bahwa kentang tumbuk akan mudah ditelan bagi penderita sakit tenggorokan dan juga sangat mengenyangkan.

Selamat mencoba moms dirumah. (Bee4)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.