CEIF 2021 dan Upaya Mewadahi Aksi Iklim Indonesia untuk Masa Depan Berkelanjutan

3,237

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

beerita.id – Turut meramaikan aktivitas akademis para pelajar Indonesia di seluruh dunia, Divisi Pendidikan dan Kajian Strategis PPI Prancis tahun ini memulai inisiatif baik dengan menghelat dua rangkaian acara, yakni lomba esai dan webinar yang dibungkus dalam acara Konferensi Pelajar bertajuk Conférence Étudiant.e.s Indonésien.ne.s en France (Konferensi Para Pelajar Indonesia di Prancis), yang salah satu gelarannya telah dimulai sejak 10 Oktober lalu. Meski begitu, gelaran CEIF ini sebetulnya terbuka luas bagi seluruh pelajar kebangsaan Indonesia.
Dilatarbelakangi oleh isu perubahan iklim —yang oleh Laporan Panel Lintas Negara untuk Perubahan Iklim (IPCC) 2021 dituliskan bahwa bumi telah memasuki « kode merah », alias kondisi kenaikan suhu sudah terlampau cepat, perubahan iklim terus melaju tanpa kita sadari— pihak internal panitia CEIF pun mengambil tema besar « Aksi Iklim Indonesia untuk Masa Depan Berkelanjutan ». Tema ini diharap bisa mewadahi semangat masyarakat Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam aksi merawat bumi, sehingga perubahan iklim global tak menjadi semakin ekstrem. Selain itu, sudah sewajarnya bagi PPI Prancis sebagai organisasi pelajar yang berdomisili di negara tuan rumah Accord de Paris atau Paris Agreement —sebuah perjanjian internasional untuk mengupayakan kerja sama dan tanggung jawab negara-negara di seluruh dunia untuk menanggulangi perubahan iklim dan mitigasinya— untuk turut mempromosikan upaya menghadapi aneka bentuk perubahan iklim.

- Advertisement -

foto : istimewa


Sebagai detail rangkaian acara CEIF 2021, gelaran pertama adalah lomba esai. Tema lomba ini adalah « Solusi Lokal untuk Permasalahan Global » yang masih bernaung dalam konteks besar tema CEIF 2021. Dalam kompetisi ini, para pelajar Diploma hingga Master diharap dapat mengartikulasikan ide-ide kreatif maupun opini kritis nan evaluatif dari segala bidang maupun latar belakang masing-masing. Selain diganjar dengan uang pembinaan dan E-sertifikat, esai dari lima besar finalis akan disarikan menjadi lembar kebijakan (policy paper) yang diserahkan secara simbolis ke Pemerintah RI melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan Paris. Panduan dan ketentuan untuk mengikuti lomba ini dapat diakses di tautan berikut: linktr.ee/ceif.ppiprancis.
Gelaran kedua adalah Webinar CEIF, yang sekaligus menjadi acara puncak CEIF dan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba esai. Tema yang diusung masih sama, Aksi Iklim Indonesia untuk Masa Depan Berkelanjutan. Webinar ini akan diselenggarakan pada 28 Oktober 2021 dengan mengundang pembicara kunci dari Kementerian Lingkungan Hidup, Akademisi dan juga Praktisi di bidang Lingkungan Hidup.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.