Cita Rasa Manado di Surabaya

557

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Para pecinta makanan khas Manado saat ini tidak perlu risau lagi. Di Surabaya telah hadir Njonja Peranakan dengan Resep Dapoer Koenonya. Dijual dengan keadaan beku atau frozen food. Kastamer dapat menyantapnya dirumah. Tak perlu lagi untuk datang ke restaurant.

Dalam pelayananya Njonja Peranakan menggunakan kurir pribadi. Hanya dengan 10.000 untuk ongkos kirim. Kastamer tidak perlu lagi mengeluarkan uang lebih untuk menggunakan jasa ojek online. Pengambilan secara langsung juga dapat dilakukan dirumah owner.

Foto : Haidar Muhammad – Beerita.id

Vonny Rumambi memang berdarah Manado asli.  Sebagi direktur Moshi Moshi Music School dan pengajar piano yang tidak dapat bekerja secara langsung selama pandemi membuatnyi bosan. Dengan bakat dan hobby memasak Vonny menawarkan hasil masakanyi keteman dan kerabat.

“Saya hobi masak kue awalnya. Karena pandemi tidak ada yang makan kue saya dirumah karena tidak ada tamu. Begitu pula pada masakan besar. Saya membagikan masakan khas Manado kepada teman dan kerabat. Hasilnya positif. Semua antusias. Banyak kastamer yang memilih masakan rumahan dimasa pandemi ini daripada beli di luar yang tidak tau asalnya dari mana,” kata Vonny selaku owner.

Menunya bermacam-macam. Ada ayam tuturuya yang berkuah santan seperti kari. Kuahnya berwarna kuning didapat dari kunyit. Untuk rasa yang khas diberi daun mint, kemangi serta daun jeruk. Potongan kentang kecil-kecil juga ditambahkan untuk pelengkap.

- Advertisement -

Foto : Haidar Muhammad – Beerita.id

Pilihan olahan ayam yang lain adalah ayam rica-rica. Rica merupakan bahasa Manado yang berarti cabai. Ayam yang diungkep dengan bumbu resep dapoer konoe membuat rasa semakin meresap. Diberi juga jeruk pecel agar tidak amis. Penambahan jahe dan daun jeruk juga menambah cita rasa. Selain cabai rawit dan cabai merah untuk memberi rasa pedas.

Ada juga menu ikan khas Manado. Ikan woku belanga. Menggunakan ikan segar seperti kakap merah untuk mendapatkan hasil daging yang tebal dan lembut. Pilihan lainnya dengan ikan cakalang segar dan daging babi. Tergantung pemesanan. Campuran bumbu seperti bawang merah, sere, jahe, batang daun bawang dihaluskan ditumis menjadi satu. Tambahan kemangi serta daun pandan juga salah satu komponen wajib pada masakan khas Manado.

Dan yang terakhir Cakalang garo rica. Hampir sama seperti ayam rica-rica. Garo artinya dicampur dengan rica yaitu dengan cabai dan bumbu lainnya. Bedanya adalah ikan cakalang segar digoreng terlebih dahulu. Bumbu tumis dicampurkan atau di garo dengan cakalang goreng hingga meresap.

Makanan khas Manado dikenal dengan rasa pedas. Tetapi Vonny mengikuti lidah orang Jawa yang tidak begitu menyukai pedas. Jadi pesanan rasa disesuaikan kastamer.

Selain masakan khas Manado terdapat juga menu lainnya. Seperti rawon, jangan asem, sup buntut dan lain sebagainya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.