Cuci Mobil #dirumahaja, Ruang Mesin Perlu Disemprot Air?

12

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beerita.id – Ditengah Pandemi covid-19 mobil pasti lama terparkir di garasi rumah akan semakin kusam jika dibiarkan tidak terurus, apalagi jika diparkir di tempat tanpa atap. Nah, untuk mengusir rasa bosan dan menjaga kondisi mobil agar tetap bersih dan terawat, detikers bisa membersihkan mobil sendiri di rumah, dengan peralatan dan langkah-langkah yang sederhana.

Selain itu, demi menjaga kesehatan di tengah pandemi virus corona Anda disarankan untuk menggunakan masker saat mencuci mobil, serta cuci tangan setelah mencuci mobil, bahkan jika perlu bisa langsung mandi untuk membersihkan badan.

1. Mencuci Eksterior Mobil

Mencuci mobil hingga bersih di tempat yang teduh di pagi hari menggunakan air bertekanan supaya mudah dan cepat. Anda bisa menggunakan sampo mobil dan dilap menggunakan kain chamois (lap kanebo) untuk membersihkan kotoran.

Mengapa perlu menggunakan kain chamois? Sebab kain ini merupakan lap pembersih yang terbuat dari bahan PVA/Archives dengan tekstur permukaan halus, dapat menyerap air ataupun minyak pada permukaan cat, kaca, jok kendaraan dan permukaan lainnya serta mudah untuk dikeringkan.

Untuk mengeringkan permukaan bodi yang sudah dicuci, bisa menggunakan kain microfiber. Lap secara merata dan pastikan mobil kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di bodi atau kaca mobil.

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan ulang pada bagian mobil yang punya potensi menyimpan air, seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, celah gril dan foglamp, serta pertemuan antara pintu dan rangka mobil.

- Advertisement -

Bila diperlukan, poleslah ban menggunakan cairan ban untuk memberikan hasil tampilan ban selalu baru, meningkatkan elastisitas ban, serta melindungi side wall ban agar tidak mudah pecah dari suhu permukaan jalanan.

2. Membersihkan Ruang Mesin

Disarankan kepada detikers untuk tidak mencuci ruang mesin mobil dengan air bertekanan. Kenapa? Karena Anda harus berhati-hati dengan sistem kelistrikan mobil yang sensitif guyuran air. Alih-alih ruang mesin bersih, nanti malah bisa terjadi korsleting yang membuat keluar biaya besar untuk perbaikan.

Disarankan untuk menggunakan lap biasa atau microfiber yang sedikit basah untuk membersihkan kotoran di ruang mesin. Sembari itu, periksa apakah ada kebocoran cairan seperti oli. Termasuk pula mengecek tabung penyimpan cairan lain seperti minyak rem dan air wiper. Tambahkan bila kurang sekaligus cek dari risiko kebocoran.

3. Membersihkan Kabin Mobil

detikers bisa memulainya dengan mengeluarkan seluruh karpet mobil dan bersihkan dengan siraman air bersih. Keringkan karpet mobil di tempat yang terkena sinar matahari langsung sehingga tidak lembab dan bau. Selanjutnya, pakai vacuum cleaner untuk membersihkan kabin seperti di kolong jok dan dasbor, rongga penyimpanan, dan celah di jok yang punya potensi menyimpan kotoran seperti remahan makanan.

Cover jok mobil berbahan fabric atau kain bisa dilepaskan dan dicuci. Sedangkan cover dengan bahan kulit sintetis tidak perlu dicopot dan cukup diseka bermodalkan air hangat atau interior cleaner dan kain chamois. Interior cleaner juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda membandel dan seka dengan kain microfiber. Masih memakai interior cleaner, bersihkan pula panel kabin mobil yang sering dipegang seperti setir, tuas transmisi, dan panel pintu untuk membersihkan dari bakteri, kuman dan virus.

4. Membersihkan Bagasi

Jangan lupakan bagasi, terutama untuk mobil jenis sedan yang bagasinya terpisah. Kalau ada karpet, keluarkan dan cuci dengan sabun dan pastikan kering supaya tidak lembab dan bau. Vacuum cleaner bisa dipakai untuk membersihkan bagasi, perhatikan segala sudut dan celah untuk memastikan tidak ada kotoran. Anda juga bisa mengaplikasikan interior cleaner untuk membersihkan noda membandel. Angkat dek bagasi dan perhatikan tempat penyimpanan ban serep, siapa tahu ada kotoran menyelinap. Sembari itu, bersihkan permukaan ban serep dan pelek serta periksa tekanan angin ban. (Bee4)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.