Hai Gens Millennial, Cek 5 Hal ini Agar perjalanan Menyenangkan

50

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beerita.id – Perjalananmenggunakan mobil pribadi menjadi salah satu pilihan masyarakat Indonesia, khususnya generasi millennial. Nah, agar nyaman dan tidak mengalami kendala selama perjalanan, ada baiknya lakukan 5 pemeriksaan sederhana ini. Mudah kok.

Selalu Cek Air Radiator

Keberadaan radiator yang mampu menetralisir panas mesin sangat vital bagi mobil. Karena itu segera cek air atau cairan radiator. Sebab, jika cairan di dalamnya kosong, tidak hanya menimbulkan kerusakan pada mesin, tetapi juga membahayakan penumpang mobil itu sendiri. Sebab, mesin bisa overheat.

Yang terpenting, isi radiator dengan air bersih. Kalau bisa air dalam kemasan. Atau, bisa juga mengisinya dengan cairan khusus radiator yang sudah banyak dijual di bengkel-bengkel terdekat.

Ilustrasi. FOTO : Pixabay

Perhatikan Filter Karburasi

- Advertisement -

Sebelum memulai perjalanan, pastikan filter karburasi dalam keadaan bersih. Sebab, filter yang kotor mengakibatkan mobil susah untuk distater. Membersihkan filter ini cukup mudah. Hanya menggunakan sikat gigi bekas saja untuk melepas kerak dan kotoran yang menempel pada saringan. Tapi ingat, jangan gunakan hairdryer atau compressor ya. Karena hal itu beresiko menimbulkan kerusakan pada lapisan filter.

Periksa Oli

Bagi mobil, oli adalah salah satu aspek terpenting. Kinerja mesin sangat bergantung pada perawatan item yang satu ini. Agar kondisi tetap oke, oli mobil harus diganti secara berkala sesuai dengan aturan standar masing-masing tipe. Umumnya sih, setelah kendaraan menempuh jarak 3000 – 5000 kilometer.

Makesure Cairan Lain

Tak hanya oli mesin, oli lain di seluruh bagian mobil juga harus mendapat perhatian. Di antaranya oli rem, power steering, dan transmisi. Seluruh cairan itu memiliki peran penting dalam keselamatan dan kinerja mobil Anda.

Ukur Tekanan Angin Ban Jangan remehkan tekanan angin pada ban mobil Anda. Sebab, jika tidak sesuai, memiliki dampak negatif pada banyak hal. Mulai dari umur ban yang singkat sampai berkurangnya efisiensi bahan bakar. Bagi mobil keluarga yang memiliki banyak penumpang, tekanan idealnya adalah 35 psi untuk ban depan dan 40 psi untuk ban belakang.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.