Ini dia 5 Chef Terbaik di Dunia

876

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beerita.id – Dibanding belasan atau puluhan tahun silam, profesi chef kini sudah banyak peminat. Bahkan, bisa dibilang menjadi profesi pilihan. Itu tidak lepas dari semakin terjaminnya kesejahteraan para koki. Tak jarang dari profesi yang mereka lakoni, chef sukses menjelma menjadi pengusaha kuliner papan atas. Berikut kami rangkum kisah lima chef terbaik dunia, yang cerita perjuangan mereka sangat menginspirasi.

Gordon Ramsay

Foto : en.wikipedia.org

Siapa yang tidak mengenal chef yang satu ini? Celebrity chef ini merupakan pengusaha sekaligus pemandu acara kuliner tenar, yakni MasterChef dan Hell’s Kitchen. Kecintaan Ramsay pada dunia kuliner sudah berlangsung sejak masih remaja.

Tak heran, di usia 31 tahun, penggemar tokoh kartun Ratatouille itu sudah memiliki satu restoran fine dining sendiri. Karirnya di dapur semakin moncer setelah sukses mendapat tiga bintang Michelin, yang merupakan tanda pencapaian tertinggi bagi chef di seluruh dunia.

Kini, chef yang memiliki nama lengkap Gordon James Ramsay itu memiliki puluhan restoran. 10 ada di Inggris, dan 15 lainnya tersebar di beberapa negara lain. Meski mahir memasak aneka menu, namun ada satu makanan yang menjadi favoritnya, yakni egg benedict. Dengan menyantap menu itu, selalu mampu membuat Ramsay teringat pada ibunda tercinta.

Anthony Bourdain

Pria tamatan Culinary Institute of America tahun 1978 itu memiliki nama lengkap Anthony Michael Bourdain. Pengalamannya di bisnis kuliner sangat panjang dan berliku. Itu semua dimulai ketika dia mencoba memasak tiram untuk keluarganya saat sedang berlibur menggunakan perahu nelayan.

Pujian dari kerabat membuat Chef Tony percaya diri. Hal itu pula yang akhirnya membuat dia terjun total di industri kuliner. Namanya semakin dikenal publik setelah dia menerbitkan buku Kitchen Confidential : Adventures in the Culinary Underbelly di tahun 2000.

Kini Chef Tony memiliki acara televisi sendiri yang diberi tajuk Anthony Bourdain : No Reservations.

Paul Bocuse

- Advertisement -

Chef gaek kelahiran 1926 ini merupakan panutan dari para masterchef muda saat ini. Berasal dari Perancis, chef veteran paling handal di dunia ini mampu menciptakan standarisasi tinggi pada sebuah restoran.

Hingga saat ini, Paul sudah memiliki tiga restoran yang kesemuanya menerapkan kualitas tinggi, dan inovasi dalam berbagai hasil masakan mereka.

Foto : irishtimes.com

Berkat dedikasinya yang tinggi pada dunia kuliner, Paul diangkat sebagai Bapak Kuliner Perancis. Legenda hidup itu pula lah yang menciptakan Trouffle Soup yang menjadi menu makan malam wajib di Istana Kepresidenan Elysee Palace.

Jamie Oliver

Naked Chef adalah julukan yang disandangnya sejak memerankan diri di acara televisi “The Naked Chef”. Program itu begitu fenomenal sehingga mendapatkan penghargaan BAFTA sebagai acara televisi terbaik tahun 2000.

Chef Jamie merupakan salah satu orang yang mengkampanyekan penolakan terhadap makanan yang sudah diproses (siap saji) di sekolah-sekolah, diet tidak sehat, dan kebiasaan memasak yang buruk di Amerika Serikat dan Inggris Raya.

Kecintaannya terhadap dunia dapur sudah didapatkan sejak usia 16 tahun. Ketika itu Jamie rajin membantu restoran orang tuanya, The Cricketers. Karirnya makin moncer saat dia diangkat sebagai koki pastry di resto milik Antonio Carluccio.

Wolfgang Puck

Terlahir dengan nama Wolfgang Johann Topfschnig, chef murah senyum ini kerap muncul di televisi dalam berbagai kesempatan. Spago (sebutan populer orang italia untuk spageti) menjadi pilihannya untuk menamakan resto pertamanya.

Tak hanya berkutat pada western food, penggemar makanan makaroni ini melebarkan sayap untuk menu Chinese food melalui restoran mewahnya yang dia beri nama Chinois.

Puck dikenal sebagai sosok dermawan. Hal itu dibuktikannya dengan sering membantu badan amal. Berkat kepeduliannya, dia mendapatkan anugerah James Beard Foundation Humanitarian of the Year Award 1994.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.