Kampanye #Stand4Strength Dapat Sambutan Positif

75

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beerita.id – Fanany Hasanuddin bulan depan genap berusia 57 tahun. Secara fisik, tidak ada yang berbeda dalam diri perempuan yang aktif di kegiatan sosial kemasyarakatan itu. Namun, dia merasa, ada yang berubah saat menjalani rutinitas pekerjaan. Seperti menghadiri pengajian, mengisi seminar, atau melakukan kegiatan bakti sosial.

”Saya merasa lebih cepat lelah. Naik tangga sedikit saja, rasanya sudah tidak kuat. Apalagi mengangkat barang berat,” katanya saat ditemui di sela kegiatannya mengisi materi pengajian di Masjid Hidayah Surabaya.

Tentu banyak faktor mengapa di usia sekian, Fanany merasa kualitas kesehatan tulang dan ototnya sedikit menurun. Namun, salah satu jawaban pasti adalah, berdasarkan penelitian, ketika seseorang masuk usia 40 tahun, dia akan kehilangan massa otot sebanyak 8 persen setiap dekadenya, dan  berisiko lebih besar mengalami keterbatasan dalam menjalankan aktifitas sehari-sehari seperti berjalan, naik tangga atau mengangkat benda di tahun-tahun berikutnya.

Fanany tidak sendiri, Indonesia memiliki jumlah orang dewasa terbanyak. Bahkan, diprediksi tahun 2020 jumlah orang dewasa (usia di atas 60 tahun) di Indonesia mencapai 27 juta orang.

Karena itu, kesadaran tentang kehilangan kekuatan atau kelemahan yang diakibatkan dari kehilangan massa otot pada orang dewasa harus dibangun sejak dini. Untungnya, beberapa pihak, mulai membantu menyebarkan kampanye ini. Salah satunya, Abbott, produsen Ensure meluncurkan tantangan #Stand4Strength.

Arnaud Renard  President Directors of  Abbotts Product Indonesia

Tantanganini bermaksud mengajak seluruh orang dewasa di Indonesia, khususnya mereka yang berusia 40-50 tahun untuk waspada terhadap menurunnya massa otot yang dapat meningkatkan risiko mengalami disabilitas. Tantangan ini adalah tes sederhana ‘berdiri dengan satu kaki’, yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja

Penelitian menunjukkan mereka yang tidak dapat melakukan tes ini memiliki risiko yang lebih tinggi untuk tidak bisa berjalan di usia 70 tahun ke atas.

”Alhamdulillah saya masih bisa. Cuma, memang kampanye ini sangat diperlukan. Mungkin jika ini sudah berlangsung sejak dulu, saya bisa mengonsumsi dan lebih memperbaiki kualitas hidup saat ini,” tegas Fanany.

Menurut Arnaud Renard  President Directors of  Abbotts Product Indonesia, tantangan Stand4Strength dapat membantu menciptakan kesadaran tentang bagaimana kehilangan massa otot dapat terjadi pada usia 40 tahun dan mempengaruhi kekuatan seiring bertambahnya usia.

“Sementara tantangan ini fokus terhadap masalah tersebut, kami ingin orang Indonesia memiliki pemahaman tentang masa tua yang sehat dan aktif karena kehilangan otot dapat dicegah dan dapat diperlambat dengan manajemen nutrisi yang tepat,” katanya.

“Itulah sebabnya Abbott fokus terhadap pionir penelitian ilmiah untuk menghadirkan bahan-bahan baru yang dapat mendukung kesehatan otot. Ensure adalah merek yang memberikan fokus secara khusus pada kebutuhan orang dewasa Indonesia dan orang tua mereka, memberi mereka hadiah kekuatan untuk hidup lebih baik dan lebih sehat seiring bertambahnya usia,” imbuh Arnaud Renard. Untuk meningkatkan fungsi otot, mobilitas, dan vitalitas, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperbarui Pedoman Perawatan Terpadu untuk Orang Lanjut Usia (ICOPE) dan sangat merekomendasikan nutrisi oral tambahan dengan saran diet bagi orang dewasa yang berisiko mengalami kekurangan gizi, diiringi dengan olahraga seperti latihan kekuatan, aerobik dan keseimbangan. (Bee 1)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.