Memahami Lukisan Aliran Impresionisme

1,529

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

beerita.id – Goresan tangan Hamid Nabhan melenggak lenggok saat mencontohkan membuat karya lukisan dengan aliran impresionisme. Pelukis berdarah Arab itu dengan telaten membagikan ilmunya kepada sebelas ibu-ibu pelukis yang mengikuti workshop bertujuan untuk mengenal dasar lukisan impresionisme.

Foto : beerita.id

Acara yang diselenggarakan di Hotel Surabaya Suites pada kamis (25/3) silam itu berlangsung sangat meriah. Para peserta sangat antusias mempraktekkan apa yang dijelaskan oleh Hamid Nabhan. “Peminat lukisan dengan aliran ini semakin pama semakin banyak. Maka dari itu saya mencoba membagikan ilmu dan pengalaman saya,” ujar Hamid.

- Advertisement -

Lukisan impresionisme sendiri adalah lukisan yang tidak mementingkan detail dan mempredentasilan obyek dengan satu kalo gores saja. Biasanya aliran seni rupa Impresionisme ini mengusung keakuratan warna pada pencahayaan objek yang dilukis berdasarkan teori proses terjadinya warna melalui sapuan sapuan kuas kecil namun berwarna. Aliran impresionisme melukis di alam terbuka dalam kurun waktu yang singkat, sehingga harus mengorbankan keakuratan bentuk, namun sebagai imbalannya mereka dapat menangkap keakuratan cahaya yang terjadi pada kurun waktu tertentu.

Foto : beerita.id

pada mulanya lukisan impress berukuran kecil karena dilakukan diluar rumah outdoor painting karena pelukis menggambar obyek yg dipantulkan cahaya maka itu impressionisme bisa dikatan lukisan cahaya atau light painting dan biasanya ukuran kanvasnya kecil. “Namun seiring berkembangnya zaman, pada saat sekarang lukisan impression ini bisa digambar di studio,”tutur Hamid.

Maka dari itu lah meskipun dilakukan di dalam ruangan, praktek yang dilakukan ini tidak mengurangi esensi. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari pameran Miraculous Trust. Acara yang diikuti oleh 10 pelukis dan 4 wartawan yang berlangsung sampai tanggal 4 April mendatang.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.