Menengok Alun Alun di Kota Madrid

1,407

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

beerita.id – Plaza Mayor adalah nama alun alun yang sangat terkenal di pusat kota Madrid yang menjadi ruang publik dan menjadi destinasi yang utama bila kita mengunjungi kota tersebut.

Foto : beerita.id

Alun alun yang di kelilingi bangunan bergaya Barok Spanyol dengan panjang 129 meter dan lebar 94 meter ini mempunyai sejarah yang panjang. Dimulai tahun 1561 ketika Felipe II mempercayakan proyek renovasi alun alun tersebut kepada arsitek Juan Herrera dan pada tahun 1617 Felipe III menugaskan penyeleseian pekerjaan alun alun ini kepada arsitek Juan Gomes de Mora yang menyelesaikan pembangunan alun alun Plaza de Mayor pada tahun 1619.


Di tengah alun alun Plaza Mayor terdapat patung perunggu sosok dari Felipe III yang sedang menunggang kuda. Patung ini baru di tempatkan di tengah tengah Plaza Mayor pada tahun 1848, karya pematung Juan de Bologna dan Pietro Tucca yang diciptakan tahun 1616 dan baru dipindahkan di Plaza Mayor pada tahun 1848.


Nama alun alun telah berubah sepanjang sejarahnya dari Plaza del Arrabel menjadi Plaza Mayor yang sebelumnya pada tahun 1814 nama alun alun ini sempat di ganti dengan nama Plaza Real dan pada tahun 1873 berganti lagi menjadi Plaza de Republica hingga akhir Perang Saudara Spanyol tepatnya April 1939 namanya di ganti menjadi Plaza Mayor yang berlanjut hingga sekarang.

Foto : beerita.id

Di sekeliling bangunan Plaza Mayor kita bisa menjumpai penjual penjual souvenir sampai cafe cafe dan juga banyak pelukis pelukis wajah yang siap melukis para turis dan ada beberapa ruang di gedung Plaza Mayor yang menghadirkan pertunjukan musik dan tari Flamenco yaitu musik dan tari yang berasal dari Spanyol, tarian Flamenco berkembang di Andalusia sejak abad ke 14 ketika orang orang Arab menduduki Spanyol. Dengan ticket 35 Euro atau sekitar 560 ribu Rupiah (dengan kurs per Euronya Rp 16000) kita dapat menyaksikan musik dan tarian Flamenco yang mendapat penghargaan sebagai warisan budaya dunia UNESCO. Dengan musik dan penari yang profesional menjadikan pertunjukan yang sangat berkesan dan tak terlupakan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.