Goresan HamidHeadline

Mengenal ANTONI GAUDI SANG ARSITEKTUR ALAM

beerita.id – Bagi para pelancong yang akan mengunjungi kota Barcelona, rasanya harus mengunjungi sebuah bangunan yang sangat unik bernama Casa Batllo Gaudi. Arsitektur yang terletak di jalan Passeig de Gracia 43 tak jauh dari Plaza de Catalunya.

Foto : beerita.id

Bangunan yang sangat menarik ribuan pengunjung tiap harinya itu adalah hasil karya Antoni Gaudi (1852-1926) seorang arsitektur Catalan yang dikenal sebagai eksponen terbesar modernisme Catalan.

Karya karyanya memiliki gaya yang sangat individual dan unik, sebagaian besar karyanya ada di kota Barcelona, diantaranya adalah gereja Sagrada Familia.

Karya karya Gaudi dipengaruhi hasratnya dalam hidup yaitu arsitektur alam dan agama. Setiap detail ciptaannya selalu dipertimbangkan secara matang dan di integrasikan kedalam arsitekturnya seperti kerajinan keramik, kaca patri, penempatan besi tempa dan pertukangan kayu.

Foto : beerita.id

Gaudi juga memperkenalkan teknik teknik baru dalam perawatan bahan, seperti trencad yang menggunakan potongan potongan keramik, karya karyanya di bawah pengaruh seni Neo Gotik dan teknik oriental.

Gaudi menjadi bagian dari gerakan moderinista yang mencapai puncaknya pada akhir abad ke 19 dan awal abad 20 dan karya Gaudi sendiri melampaui modernisme.

Casa Batllo dianggap sebagai karya agung Gaudi, dengan merombak rumah milik Bernat Family yang dirancang ulang oleh Gaudi dan baru dibuka pada tanggal 17 Desember 1912. Bangunan ini mempunyai ketinggian 32 meter, konon inspirasi dari desain Casa Batllo berasal dari anatomi seekor naga, atapnya melengkung dan bersisik seperti naga dan di dalamnya terdapat tangga yang meliuk liuk seperti tubuh naga yang sedang tidur dan memang Antoni Gaudi dikenal sebagai arsitek naturalis, Gaudi pernah berkata, “Tak ada seni yang tidak berasal dari alam”. Untuk menikmati bangunan Casa Batllo pengunjung diharuskan membayar ticket masuk seharga 35 Euro.

Karya karya Antoni Gaudi yang terdapat di Barcelona dan menjadi warisan dunia disamping casa Batllo adalah Sagrada Familia yang merupakan gereja terunik dan terindah di dunia yang dibangun pada tahun 1882 hingga saat ini pembangunannya belum selesai. Bangunan Gaudi yang lain adalah Casa Vicens, Palau Guell, Park Guell, Casa Mila, dan Juga gereja Colonia Guell.
Antoni Gaudi meninggal di Barcelona pada tanggal 10 Juni 1926 dimakamkan di Sagrada Familia di kota Barcelona.

Related Articles

Back to top button