Mengenal Hotel Victoria Amsterdam yang Menjadi Tempat Bermalamnya Mata Hari

1,349

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

beerita.id – Di sebrang central stasiun Amsterdam tepatnya di sudut Damrak dan Prins Hendrikkade berdirilah sebuah bangunan yang menjadi warisan budaya kota Amsterdam yang berfungsi sebagai hotel yang sangat terkenal di jantung kota Amsterdam yaitu Hotel Victoria.

Foto : beerita.id

Hotel Victoria merupakan salah satu hotel tertua di Belanda yang dibangun oleh seorang arsitek Jerman JF Henkenhaf.
Hotel ini mulai memproyeksikan pembangunan pada tahun 1883, dan mulai dibuka pertama kali pada tanggal 19 Agustus 1890.


Dalam sejarahnya Hotel Victoria adalah hotel pertama di Belanda yang memiliki penerangan listrik diseluruh gedung meliputi juga di seluruh ruang kamarnya dan hotel ini juga dilengkapi dengan jendela ganda untuk meredam kebisingan dari luar.
Sejak hari pertama di bukanya Hotel Victoria untuk umum, hotel ini sudah menarik perhatian orang orang kaya untuk bermalam dari keluarga kerajaan, artis artis dunia bahkan seorang penari eksotis yang merangkap sebagai mata mata besar yang melegenda selama Perang Dunia Pertama yaitu Mata Hari pernah bermalam di hotel ini.


Pada tanggal 7 Mei 1945 di akhir Perang Dunia ke dua menjadi hari yang berdarah di Hotel Victoria ketika sebuah unit SS memasuki hotel lalu menembaki orang orang yang lewat, kejadian ini tercatat di plakat yang ditempelkan di bagian hotel.
Di tahun tahun berikutnya Hotel Victoria menjadi pusat keramaian dunia karena seringnya di tampilkan peragaan busana yang spektakuler.

Foto : beerita.id

Karena lokasi yang istimewa dan kenyamanan yang dimiliki hotel tersebut maka hotel ini mampuh menarik tamu lokal dan manca negara. Tak luput dari tokoh tokoh terkenal dunia yang pernah bermalam di hotel ini seperti artis dan penyanyi Jerman Zarah Leander, artis Inggris Glenda Jackson, legenda Rock & Roll Boogie Woogie Fats Domino, musisi Louis Armstrong, Billy Graham, Marilyn Manson, sampai Iron Maiden.


Pada tahun 1993 hotel ini di akuisisi oleh Group Park Plaza dan hotel ini berganti nama menjadi Park Plaza Victoria Hotel.


Pada tanggal 13 Juli 2001 Badan Warisan Budaya Belanda (Rijksdienst voor het Cultureel Erfgoed) mengumumkan Hotel Victoria sebagai “warisan nasional” di Amsterdam.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.