Mengenal Lebih Jauh Tugu Pahlawan Surabaya

3,284

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

beerita.id – Mari kita telisik Tugu Pahlawan. Di sini ada nggak sih yang belum tahu Tugu Pahlawan? Hmmm…. Kayaknya nggak ada ya. Monumen yang sangat iconic bagi Kota Surabaya ini, dibangun untuk menjadi saksi perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan perang. Bangunan bersejarah yang menyerupai paku terbalik atau lingga itu ternyata memiliki beberapa fakta menarik lho. Berikut fakta yang sudah dirangkum oleh redaksi.

  1. Bangunan Tugu Pahlawan memiliki makna khusus Tugu kebanggan arek arek Suroboyo ini dibangun dengan ketinggian 41,5 meter. Terdapat 11 ruas dan 10 lengkungan yang melambangkan tragedi perang besar yang terjadi di tanggal 10 November 1945.
  2. Terdapat makam pahlawan yang tidak dikenal
Foto : pixabay

- Advertisement -

Pahlawan yang gugur pada saat peristiwa perang begitu sangat banyak, sehingga para pahlawan yang gugur dan tidak dikenal makamnya diletakkan di balik tugu pahlawan. Hal tersebut sebagai tanda kenang perjuangan mereka.

  1. Tugu Pahlawan dibangun di atas gedung peradilan

Sebenarnya posisi tugu pahlawan dibangun di atas bekas runtuhan gedung kempeitei zaman Jepang yang juga merupakan bekas tanah peradilan dari gedung Raad van Justitie (pada era nederland, Indie). Tidak banyak orang yang tau jika bekas gedung tersebut merupakan markas utama polisi jepang yang menahan pejuang arek-arek Suroboyo

Get real time updates directly on you device, subscribe now.