Mengenang “Legenda” Willy Alberty Dari Negeri Kincir Angin

1,044

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

beerita.id – Penghormatan kepada legenda atau orang yang disegani memang beragam. Biasanya diabadikan sebagai nama jalan, dibuatkan monumen dan sebagainya. Seperti halnya di kota Amsterdam, Belanda itu. Tepatnya di jalan Prinsengracht 279 di dinding gedung Westerkerk. Di situ kita akan melihat sebuah plakat yang terbuat dari perunggu, hasil karya Seniman Hans Bayens (1924-2003).

Foto : beerita.id

Plakat ini dibuat untuk memperingati seorang penyanyi legendaris negeri kincir angin yaitu Willy Alberti yang terlahir di Amsterdam pada 14 Oktober 1926 dengan nama lahir Carel Verbrugge.
Willy Alberti penyanyi bersuara tenor yang bernyanyi dalam bahasa Belanda dan Itali dengan gaya romantis.

Dalam pelakat itu tertulis o Mooie Westertoren Hoog in Die Blauwe Lucht(oh Westertoren yang indah, tinggi di langit biru) syair yang di cuplik dari salah satu lagu populernya O, Mooie Westertoren. Westertoren sendiri adalah bangunan gereja tua yang menjadi ikon kota Amsterdam.
Pada tahun 60 an Willy bernyanyi bersama putrinya Willeke dan tampil di TV Belanda, Willy sendiri juga merupakan seorang aktor yang merangkap sebagai penyiar radio dan televisi.

Foto : beerita.id

Willy Alberti meninggal di Amsterdam pada tanggal 18 Februari 1985 pada usia 59 tahun.
Dalam kariernya Willy melahirkan belasan album diantaranya Album Marina tahun 1959 yang menjadi hits berhasil terjual sejuta lebih piringan hitamnya di negara Jerman saja dan meraih penghargaan piringan emas.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.