Para Tokoh yang Berperan Penting dalam Proklamasi

657

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beerita.id – Proklamasi yang melahirkan kemerdekaan bagi Indonesia tidak lepas dari peran serta banyak pihak. Dengan gagah berani dan pantang menyerah mereka berjibaku demi kemajuan Indonesia yang manfaatnya kita rasakan saat ini. Beberapa tokoh itu adalah :

Soekarno

Foto id.wikipedia.org

Presiden pertama Republik Indonesia ini lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970. Bung Karno memiliki peran sentral dalam proklamasi. Di antaranya menyusun teks, menandatangani, serta membacakan di depan khalayak ramai. Karena keberaniannya itulah, Indonesia bisa menjadi bangsa yang merdeka dan diakui kedaulatannya oleh negara lain.

Mohammad Hatta

Foto id.wikipedia.org

Wakil Presiden pertama Indonesia dan Bapak Koperasi Dr.(H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, 12 Agustus 1902 – wafat di Jakarta, 14 Maret 1980. Beliau adalah pahlawan sekaligus negarawan. Sosok Bung Hatta yang tenang mampu mengimbangi semangat Bung Karno yang meledak-ledak. Tak heran keduanya mendapat gelar Dwi Tunggal.

Achmad Soebardjo

Foto id.wikipedia.org

Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama ini juga memiliki peran penting dalam mempersiapkan kemerdekaan. Dia salah seorang tokoh dari golongan tua yang mendukung Proklamasi dibacakan segera.

Laksamana Tadashi Maeda

Foto id.wikipedia.org

Meski bukan warga negara Indonesia, tapi Laksamana Maeda yang merupakan seorang perwira tinggi Angkatan Laut Kekaisaran Jepang di Hindia Belanda punya jasa yang besar bagi kemerdekaan bangsa ini. Dia rela melawan arus dan berani mengambil resiko untuk menyediakan rumahnya sebagai tempat penyusunan teks Proklamasi.

Sukarni

Foto id.wikipedia.org

- Advertisement -

Jika ada yang mengusulkan bahwa penandatangan teks proklamasi adalah Bung Karno dan Bung Hatta, maka orang itu adalah Sukarni. Pejuang kemerdekaan Indonesia itu gigih membantu terlaksananya Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Fatmawati

Foto id.wikipedia.org

Istri Bung Karno ini setia menemani Sang Proklamator selama masa perjuangan. Beliau adalah penjahit bendera Sang Saka Merah putih.

Sayuti Melik

Foto id.wikipedia.org

Sayuti Melik adalah sosok yang mengetik naskah Proklamasi setelah ia sempurnakan dari tulisan tangan Bung Karno.

BM Diah

Foto id.wikipedia.org

Beliau adalah wartawan yang menyiarkan kabar berita Indonesia Merdeka ke seluruh penjuru tanah air.

Latif Hendraningrat, S. Suhud, dan Tri Murti

Foto id.wikipedia.org

Ketiganya berperan sebagai pembawa bendera saat upacara kemerdekaan pertama kali

Frans S. Mendur

Foto id.wikipedia.org

Beliau seorang wartawan dan fotografer yang menjadi perekam sejarah melalui gambar-gambar hasil bidikannya pada peristiwa perjuangan kemerdekaan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.