Produk Asuransi Yang Dikaitkan Dengan Investasi, PAYDI: Pilihan Terbaik Dalam Memilih Asuransi

3,285

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

beerita.id – Surabaya 29 Maret 2022 — Memasuki tahun ke-6, Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) terus memberikan wadah para agen asuransi untuk memberikan layanan terbaik kepada nasabah. Dengan memberikan sosialisasi dan pentingnya agen asuransi memiliki kompetensi dalam menjalankan profesinya.

Memiliki tagline profesi untuk kepentingan nasabah, PAAI yang diketuai oleh Lucia Wenny memberikan pelatihan seperti membuka kelas khusus yang diisi oleh team training professional. “Program ini biasa kami lakukan setiap hari jumat yang diberi nama free Friday, karena para agen asuransi harus terus belajar dan update dengan keadaan. Bahkan setelah 17 tahun menjadi agen asuransi, profesi ini masih terus seksi,” ujar Wenny, pada press conference PAAI di Surabaya (29/3).

Foto : beerita.id

Mengutip data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Industri asuransi jiwa telah melindungi sebanyak 65,56 juta jiwa masyarakat Indonesia pada tahun 2021. Sementara, total klaim dan manfaat yang dibayarkan industri asuransi jiwa sebesar Rp159,43 triliun termasuk klaim COVID-19 yang merupakan bukti nyata komitmen industri asuransi jiwa secara umum.

Dalam hal ini PAYDI menjadi pilihan terbaik untuk para nasabah dalam memilih asuransi. PAYDI atau yang selama ini dikenal dengan unit-link dasarnya mencakup dua hal, yaitu melindungi terhadap risiko kematian sebagaimana fungsi produk asuransi dan produk ini juga dikaitkan dengan investasi. “Kita semua memahami bahwa investasi itu selalu mengandung risiko. Produk ini memang tidak sederhana, oleh karena itu penjualnya harus memiliki pengetahuan yang memadai tentang produk tersebut. Penjual harus memahami fungsi dari asuransi dan harus memahami juga bagaimana seluk beluk investasi,” ungkap Ita Guntari, selaku praktisi akademisi dan Financial Educator.

- Advertisement -

Foto : beerita.id

Ita Guntari juga mengungkapkan bahwa yang perlu disampaikan seorang agen asuransi saat merekomendasikan produk asuransi, khususnya PAYDI adalah dengan menjelaskan manfaat produk sebaik-baiknya termasuk risiko investasi yang dihadapi nasabah dan produk tersebut harus benar-benar sesuai yang dibutuhkan nasabah dalam mencapai tujuan keuangannya. Edukasi kepada nasabah sangatlah penting dilakukan dan itu hanya bisa dilakukan oleh seorang agen asuransi yang memiliki pengetahuan yang memadai, sudah teruji, berpengalaman serta menjunjung tinggi etika profesi.

Sebagai seorang Praktisi Asuransi, Ivan menambahkan bahwa Agen asuransi sering dipandang hanya sebagai tenaga pemasar asuransi saja, bukan sebagai profesi, padahal di seluruh dunia, agen asuransi dipandang sebagai profesi yang penting untuk melindungi keuangan keluarga dalam ketidakpastian.

Profesi agen juga sejatinya memiliki nilai yang tinggi karena dalam setiap pelatihan keagenan selalu ditekankan misi mulia yaitu membantu dan mengedukasi masyarakat dalam menjalankan profesinya. Agen asurasi jugalah yang membantu masyarakat saat seseorang ditimpa musibah seperti sakit, rawat inap, kecelakaan dan kehilangan orang tercinta.

“Agen asuransi menjadi sahabat di kala duka dan polis asuransi menjadi surat cinta berharga bagi keluarga yang ditinggalkan” ungkap Ivan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.