Puasa Sudah Masuk ke 17 Badan Masih Lemas? 4 Tips Sahur Ini Supaya Badan Tidak Gampang Lemas

9

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beerita.id – Puasa sudah memasuki hari ke 17, tapi badan masih saja gampang lemas, supaya ibadah puasa lebih lancar tanpa rasa lemas, lapar dan haus, kamu bisa mengikuti beberapa tips sahur ini. Mulai dari pemilihan makanan hingga cara menyiapkannya.

Bagaimana ibadah puasa kita berjalan biasanya tergantung pada santapan ketika sahur. Karenanya sahur harus dilakukan dengan tepat. Seperti pilihlah makanan bernutrisi yang dapat membuat tubuh berenergi

  1. Mengasup Cukup Protein

Saat sahur, salah satu asupan nutrisi yang penting adalah protein. Protein lebih rendah kalori daripada lemak. Selain itu makanan yang mengandung protein lebih membutuhkan waktu lama untuk mencerna daripada karbohidrat.

Oleh karena itu, kamu akan merasa kenyang lebih lama. Dengan tips sahur ini, kamu bisa memilih beberapa jenis makanan yang mengandung protein, seperti telur, ikan, ayam, kalkun, yogurt, tahu, dan lainnya.

2.Tips Menyiapkan Makanan

- Advertisement -

Saat menyiapkan makanan untuk sahur, hindari untuk lebih awal untuk memasak makanan. Untuk lebih praktisnya, kamu bisa menyiapkan malam sebelumnya dan simpan di dalam kulkas. Lalu, kamu bisa panaskan sebentar saat sahur tiba.

Misalkan ketika membuat ayam goreng. Malam sebelumnya kamu sudah siapkan ayam yang telah diungkep dan simpan di kulkas. Lalu, saat sahur kamu hanya perlu menggorengnya saja. Menyiapkan makanan dengan bangun lebih awal akan menghabiskan waktu. Apalagi waktu sahur tidak banyak.

3.Pastikan Tubuh tetap Terhidrasi

Membuat tubuh untuk tetap terhidrasi adalah penting, apalagi saat menjalani ibadah puasa. Karenanya saat sahur, kamu harus memilih makanan yang memiliki kadar air tinggi. Seperti mentimun, tomat, bayam, sup ayam atau lainnya.

Kadar air yang diberikan dari makanan-makanan tersebut akan menjaga cairan tubuh kamu selama berpuasa. Jika tubuh tetap terhidrasi, kamu juga akan bisa lebih lama menahan rasa lapar. Tips sahur ini bisa dilakukan dengan menghindari minum kopi. Kandungan kafein di dalamnya justru menyebabkan dehidrasi.

4. Hindari Junk Food

Tips sahur dengan menghindari junk food adalah penting untuk terhindar dari rasa lapar dan haus. Junk food biasanya diolah dengan banyak garam yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan natrium dalam tubuh dan membuat kamu menjadi cepat haus.

Selain itu, junk food juga mengandung banyak karbohidrat dalam bentuk gula yang dapat menyebabkan kamu merasa cepat lapar dalam beberapa jam. Untuk pilihan makanan, kamu bisa memilih alpukat atau ikan laut. Kedua makanan tersebut membutuhkan waktu lama untuk dicerna sehingga kamu tidak akan merasa lapar.

Ini tips dari Bee untuk teman-teman sekalian agar puasa kalian lancar dan tidak mudah lemas, selamat mencoba. (Bee5)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.