Segudang Manfaat Bersepeda

2,271

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

beerita.id – Kunci kesehatan berasal dari tubuh kita yang bugar. Akhir-akhir ini, kegiatan dipilih sebagai alternatif oleh beberapa kalangan untuk mengisi weekend dan sekaligus sebagai aktivitas fisik. Aktivitas fisik yang dilakukan secara berkala bisa berdampak bagus untuk kesehatan dalam mencegah penyakit kronis seperti diabetes, obesitas, jantung, kanker, ataupun radang sendi.

Aktivitas bersepeda bisa dikatakam kegiatan yang tidak menguras kantong alias terjangkau, dan juga bisa dilakukan oleh dari berbagai kalangan. Kanal betterhealth mengungkapkan bahwa melakukan aktivitas bersepeda secara rutin merupakan solusi terbaik untuk berdampak gaya hidup pasif. Disisi lain, aktivitas ini juga bisa sebagai sarana rekreasi.

Foto : pixabay

Yuk, kita ulas manfaat aktivitas bersepeda berikut ini:

  1. Mempunyai efek samping yang rendah

Aktivitas fisik ini cenderung lebih sedikit mengalami cedera dibandingkan dengan aktivitas fisik lainnya, jadi bisa dijadikan aktivitas fisik di waktu luang.

- Advertisement -

  1. Sebagai pengontrol berat badan

Aktivitas bersepeda membuat kita untuk melatih otot, membakar lemak, dan juga memperbaiki sistem metabolisme. Dengan begitu, aktivitas bersepada ini dapat mengontrol berat badan dengan baik. Beberapa penelitian mengungkapkan jika berkegiatan sepeda selama setengah jam dapat membakar 3000 kalori.

Foto : pixabay
  • Menjaga kesehatan jantung

Kesehatan jantung bisa terjaga sehat melalui dari kegiatan bersepeda dikarenakan aktivitas tersebut memacu otot jantung dan berkurangnya kadar lemak darah. Ada beberapa penilitian yang menunjukkan apabila seseorang berangkat kerja dengan bersepeda akan lebih terminimalisir untuk terpapar polusi ketimbang dengan orang-orang yang mengendarai motor atau mobil. Oleh karena itu, paru-paru juga bisa lebih sehat.

  1. Menjaga kesehatan mental

Kegiatan bersepeda membuat aktivitas menkadi lebih menyenangkan, sebab kegiatan ini bisa juga dilakukan oleh anggota keluarga, teman, sahabat, atau kerabat terdekat kalian. Ketika bersepeda, kita bisa merefresh otak dengan melihat alam sekitar. Dengam begitu, aktivitas bersepeda memicu rasa bahagia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.