Goresan HamidHeadline

Sejarah Sepatu Bata

beerita.id – Sepasang sepatu yang kita pakai dalam keperluan sehari-hari, disamping berfungsi sebagai pelindung kaki juga merupakan bagian penting dari penampilan seseorang.
Di zaman milenial seperti sekarang ini, kita tak akan kesulitan untuk mencari sepatu yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Ratusan merek dan ratusan mode yang ditawarkan di banyak toko dan juga di mall bahkan banyak orang menggunakan media sosial untuk berjualan sepatu, dalam beragam model dan harga.

Sangat berbeda dengan generasi beberapa puluh tahun yang silam, dimana saat itu toko-toko sepatu tidak banyak seperti saat ini dan juga hanya beberapa merek yang ditawarkan. Salah satu merek yang populer adalah Bata, nama merek ini sangat melekat di benak generasi tempo dulu hingga sekarang.
Bata bukanlah merek sepatu dari Indonesia, tapi merek sepatu ini berasal dari Republik Ceko, Dalam riwayatnya sepatu bata didirikan pada tanggal 24 Agustus 1894 di kota Zlin, Republik Ceko. Sang pendiri perusahaan ini adalah Antonin Bata, ia bersama saudaranya Thomas Bata memulai usahanya dengan modal sebesar $ 350, dengan nama perusahaan T&A Bata Shoes Company.
Kesuksesan perusahaan sepatu Bata ketika mendapatkan orderan sepatu tentara Austro-Hongaria, kala itu perusahaan Bata memproduksi total 50.000 pasang sepatu sepanjang perang tersebut.

Di Indonesia pertama kali pabrik sepatu Bata berdiri pada tahun 1939. Perusahaan ini melakukan kerja sama dengan NV. Netherlandsch-Indisch selaku importir yang beroperasi di Tanjung Priok.
Sebelum tahun 1978 di Indonesia, perusahaan ini berstatus sebagai perusahaan asing, sehingga dilarang menjual secara langsung kepasar, dan hanya menjual melalui penyalur khusus, dengan sistim konsinyasi. Hingga per 1 Januari 1978 izin dagang sepatu bata dipindahkan menjadi Perusahaan Nasional Indonesia, lalu didirikanlah PT. Sepatu Bata di Indonesia, akhirnya mulai saat itu perusahaan bisa menjual langsung sepatu ke pasar.
Hingga saat ini produk perusahaan sepatu Bata hadir di lebih dari 50 negara, memiliki fasilitas produksi di 26 negara. Sepanjang sejarahnya perusahaan Bata sudah berhasil menjual sebanyak milyaran pasang sepatu.
Inilah sedikit tentang riwayat sepatu Bata yang tak banyak diketahui orang.

Related Articles

Back to top button