Tips & Trik Menjaga Imun Tubuh Saat Musim Pancaroba

2,670

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

beerita.id – Cuaca akhir-akhir ini memang tidaklah menentu, sehingga menimbulkan daya tahan tubuh kita juga bisa tidak terduga. Oleh karenanya kita harus pandai-pandai menjaga imun tubuh kita tetap stabil. Banyak tips yang bisa dilakukan, apa saja yang bisa dilakukan? Yuk mari disimak:

  1. Cukup dalam beristirahat

Bagi kalian pekerja, tentulah tenaga terkuras. Oleh karena itu, triknya bisa diakali dengan pada saat isomah, kalian bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin untuk makan siang yang bergizi dan minum air putih yang banyak. Akan tetapi bagi kalian yang ada di rumah, kalian bisa memanfaatkan waktu siang hari untuk tidur siang berdurasi 1-2 jam. Tips ini merupakan tips yang sangat mudah, dan berefek baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Foto : pixabay
  1. Olahraga yang rutin

Nah, mungkin hal ini cukup berat dilakukan oleh beberapa orang karena waktu yang dimiliki cukup padat untuk beraktivitas. Sebenarnya, olahraga yang rutin bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Waktu yang dibutuhkan dalam olahraga bermacam-macam tergantung dari jenis olahraganya. Bagi kalian yang kaum mager, sebenarnya jalan kaki di pagi hari dengan durasi waktu 30menit saja sudah bisa dikatakan olahraga. Selain olahraga, jalan kaki di pagi hari bisa membuat kita untuk menghirup oksigen alami yang berasal dari udara pagi. Kalian juga dapat melakukan stretching dengan intensitas waktu 1 jam pada saat weekend.

- Advertisement -

  1. Minum ramuan rempah alami

Mungkin sebagian orang berfikir bahwa membuat ramuan adalah cara yang kuno. Padahal ramuan yang terdapat di beberapa rempah-rempah mempunyai khasiat yang dahsyat dalam menjaga kesehatan kita. Kalian bisa memanfaatkan rempah-rempah seperti sereh, kunyit, jahe, temulawak sebagai minuman rempah alami. Sebagai contoh, dalam meningkatkan imun tubuh Ustadz Dr Zaidul Akbar menyarankan kita untuk mengolah 1 ruas jahe, 1 ruas kunyit, 1 batang sereh diseduh dengan air hangat dan diberi sedikit madu dan sedikit perasan lemon.

Foto : pixabay
  1. Konsumsi madu

Tidak banyak orang yang suka dengan madu, hal itu dikarenakan madu memiliki rasa manis yang begitu pekat. Dalam menjaga imun tubuh, seharusnya madu yang dipilih haruslah madu yang asli tanpa campuran apapun. Disisi lain, ketika kita merasa badannya tidak enak maka kalian bisa mengambil satu sendok madu kemudian diseduh dengan air hangat, hal itu akan sedikit memberi efek meringankan kondisi imun tubuh yang menurun.

  1. Minum air putih

Air putih sangat penting dalam menjaga imun tubuh. Tubuh kita membutuhkan cairan agar tidak menimbulkan dehidrasi, sebab ketika tubuh kita dehidrasi maka akan jatuh sakit. Manusia membutuhkan air putih setidaknya 2 Liter dalam sehari, hal tersebut dikarenakan sistem metabolisme tetap terjaga dan tidak mudah terpapar virus.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.