Tokoh Pendiri Paskibraka

2,577

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

beerita.id – Pada peringatan 17 Agustus yang pertama kali pada tahun 1946, Muhammad Husain Al Muthahar mendapat perintah dari presiden Soekarno agar peringatan itu dapat dikenang sepanjang masa. Maka H Muthahar memutar otak berpikir keras untuk mewujudkan bagaimana peringatan itu bisa berlangsung seperti yang diharapkan presiden Soekarno.

Foto : istimewa

Muhammad Husain Al Muthahar membayangkan alangkah indahnya jika pemuda dan pemudi dari seluruh wilayah Indonesia bisa hadir untuk dilibatkan. Namun, dalam situasi yang cukup sulit karena adanya agresi maka keinginan itu sulit untuk dilaksanaka. Tak menyerah, H Muthahar mendapat ide yaitu setidaknya ada 5 pemuda dan pemudi yang akan menjadi pengibar bendera pusaka.

- Advertisement -

Dipilihnya 5 orang karena menurut H Muthahar Kelima orang itu melambangkan lima sila dasar dari Pancasila dan juga semboyan Bhinneka tunggal Ika yang mewakili keragaman elemen dalam menyusun bangsa. Akhirnya, Muhammad Husain Al Mutahar sendiri yang merancang seragam para anggota PASKIBRAKA dan upacara 17 Agustus 1946 pun berjalan sukses. Soekarno memuji H Muthahar maka itu bung Karno mempercayai H Muthahar untuk menyelamatkan bendera pusaka pada tanggal 19 Desember 1948 saat Belanda melancarkan agresi militer keduanya.

Foto : istimewa

Dalam perkembangannya pada tahun 1967 Muhammad Husain Al Muthahar di panggil presiden Soeharto untuk menangani kembali masalah pengibaran bendera pusaka dengan ide dasar dari pelaksanaan tahun 1946 di Yogyakarta. H Muthahar mengembangkan lagi formasi pengibaran bendera menjadi 3 kelompok yang dinamai sesuai jumlah anggotanya yaitu Pasukan 17 sebagai pengiring (pemandu), Pasukan 8 pembawa bendera inti, pasukan 45 mengawal. Dimana jumlah tersebut merupakan simbol dari hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 1945 atau 17-8-45. Inilah sekelumit kisah dibalik berdirinya PASKIBRAKA (Pasukan pengibar bendera pusaka) di tanah air.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.