Warteg Gratis di Tengah Corona

1,364

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beerita.id – Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, begitulah bunyi sila ke 5 Pancasila.

Nilai itu terbukti sekali, dalam kondisi pandemi virus corona. Banyak orang yang bergotong royong untuk membantu sesama.

Salah satunya adalah  Layanan warteg gratis inisiasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) dengan menggandeng Komunitas Warteg Nusantara (Koswantara).

Foto : courtesy instagram @actforhumanity

Warteg gratis diharapkan bisa membantu para pekerja yang penghasilannya tidak menentu, selama masa darurat corona.

- Advertisement -

“Penghasilan mereka tidak berdasarkan gaji bulanan, maka bila mereka tidak keluar artinya tidak ada penghasilan, tidak ada nafkah untuk keluarga,” kata Suryanto Koordinator Operasi Makan Gratis Bersama 1.000 Warteg.

Sasaran ACT untuk para pekerja harian itu seperti seperti ojek online, kurir, pedagang keliling dan pekerja harian yamg mengharuskan mereka tetap beraktivitas di luar rumah, di tengah kebijakan #dirumahaja.

Menurut Suryanto, setiap hari hidangan makan gratis disajikan untuk mereka yang sangat terdampak secara ekonomi, seperti pekerja informal harian.

“Hingga Kamis (26/3), sudah ada 50 warteg yang tersebar di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang telah bekerja sama dengan ACT untuk menghidangkan makanan gratis,” tambahnya.

“Masyarakat bisa mendapatkan makanan gratis dari warteg-warteg yang sudah bekerja sama dengan ACT. Cara mengenalnya mudah, semua warteg mitra kami sudah terpasang spanduk ‘Operasi Makan Gratis’. Penanda ini menunjukkan warga setempat maupun pengemudi ojol bisa mendapatkan makanan gratis dari warteg mitra kami,” terang Sutaryo.

Rencananya, ACT dan Kowantara menargetkan 1.000 warteg se-jabodetabek masuk dalam program warteg gratis secara bertahap. (Bee4)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.